Wednesday, March 11, 2020

Jenis-jenis Kucing Persia dan Gambarnya

Gambar kucing persia
Kucing persia | Selain kucing anggora, kucing persia juga merupakan ras kucing yang memiliki bulu yang panjang dan lebat, bahkan bisa dibilang bahwa bulu kucing persia lebih panjang dari kucing anggora.

Di Indonesia sendiri ras kucing ini sudah sangat terkenal, Maka tidak heran lagi jika banyak para pecinta kucing diindonesia yang memeliharanya.

Postur tubuhnya yang unik, lucu, dan menggemaskan menjadi daya tarik dan alasan yang logis terkait kepopuleritasannya. 

Selain itu, cara merawat kucing persia juga tidak terlalu susah, kucing ini juga aman untuk anak kecil karena karakteristiknya yang mudah jinak dan penurut. Itulah mengapa kucing persia layak mejadi hewan peliharaan pavorit.

Namun dibalik itu semua, apa kamu tahu ciri-ciri kucing persia dan jenis jenis kucing persia.? Mengingat kucing persia dan kucing anggora memiliki postur tubuh yang hampir sama, maka kamu harus betul-betul mengetahui ciri dan jenis-jenisnya supaya kamu mengetahui perbedaan kucing anggora dan perasia, "Intinya supaya kamu tidak salah beli nantinya".

Sejarah kucing persia

Kucing persia merupakan kucing domestik yang memiliki bulu panjang dan juga merupakan jenis kucing yang sudah berumur tua, namun belum pasti kapan pertama kali ditemukannya.

Sesuai dengan namanya kucing persia berasal dari dataran yan bernama masopotamia yang berubah menjadi persia, dan sekarang daerah tersebut berubah menjadi negara iran.

Konon kucing persia ini pertama kali ditemukan pada tahun 1620 dan diperkenalkan oleh Pietro della valle ke italia selang beberapa waktu dibawa seseorang yang bernama Nicholas Claude Fabri de Peiresc dari Turki menuju ke Perancis. Jenis kucing yang dipercaya golongan kucing tertua ini juga dianggap masih satu keluarga dengan Felis Libyca yang berasal dari Afrika dan Asia.

Selain itu ada juga yang mengatakan bahwa kucing persia umumnya masih satu keluarga dengan anggora turki yang dikawinkan dengan kucing domestik biasa. Ada juga yang percaya bahwa kucing persia merupakan hasil kawin silang dengan kucing liar yang berawal dari untuk mendapatkan bulu yangpanjang.

Karena kucing ini memiliki bentuk fisik yang unik dan menggemaskan serta ditempat asalnya persia juga sudah sangat terkenal, maka sudah tidak heran lagi jika kemudian banyak orang yang tertarik memeliharanya dan rela inpor dari luar negri. Namun saat ini kucing persia sudah dapat kamu beli di pethop tertentu. 

Ciri-ciri kucing persia

Gambar kucing persia
Gambar kucing persia
Mengingat peminat kucing persia sangatlah banyak dan semakin meningkat disetiap tahunnya, maka mulai bermunculan para penjual yang berbuat licik dengan melakukan kecurangan saat melakukan transaksi.

Selain itu kucing persia juga sekilas terlihat sama dengan kucing anggora, dengan demikian banyak orang yang salah saat membedakannya. Maka dari itu, kita harus mengetahui ciri-ciri kucing persia supaya kita tidak salah membeli kucing. Berikut ini saya akan membagikan informasi mengenai ciri-ciri kucing persia.

Tekstur bulu

Sama halnya seperti kucing nggora, bentuk bulu kucing persia juga umumnya panjang, tebal, dan halus. Namun bulu kucing persia bisa dibilang lebih panjang dari kucing anggora, panjang bulunya berkisar antara 5 sampai 10 cm dan berfungsi untuk menatur suhu tubuhnya.

Selain panjang, saar kamu sentuh bulunya akan terasa halus serta terlihat elok dan elegan. Dan itulah yang membuatnya menarik dimata para catlovers.

Warna bulu

Warna bulu kucing persia cukup bervariasi, hal tersebut dikarenakan banyaknya percobaan persilangan yang dilakukan. Namun hingga saat ini terdapat 8 warian warna bulu kucing persia yaitu solid color, golds, shaded, smoke, particolor, bicolor, tabbies, dan silver color and golds, shaded, smoke, particolor, bicolor, tabbies dan himalayan.

Bentuk kepala dan wajah

Nah, ciri ini merupakan salah atu yang paling menonjol dari ras kucing persia, pasalnya kepala kucing persia ini berbeda dari kucing lainnya. ciri-ciri kepalanya yaitu berukuran besar dengan karakter wajah yang bulat dan datar.

Selain itu, diameter kepala kucing persia ini sangat kokoh dan bentuknya lebih besar jika dibandingkan dengan kucing lainnya. Sedangkan tulang pipi ras kucing ini bentuknya sedikit menonjol serta hidung, dahi, dan dagunya terlihat datar jika dilihat dari samping, namun bentuk lehernya tebal dan pendek.

Mata kucing persia

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bentuk mata ras kucing ini berbentuk bulat dan lebar, sedangkan warna matanya menyesuaikan dengan warna bulu namun ada salah satu kucing persia yang warna matanya biru yaiku kucing persia jenis colourprint.

Sedangkan untuk kucing persia jenis chincilia, perak dan emas biasanya bola matanya berwarna hijau, lalu untuk jenis kucing persia yang berwarna putih biasanya kedua matanya memiliki warna yang berbeda.

Bentuk hidung

Mengingat kucing persia memiliki bentuk wajah yang datar dan bulat, sudah dipastikan bahwa bentuk hidungnya flatnose atau pesek dengan ukuran kecil dan lebar serta selalu mendonkak ke atas, namun yang paling menonjol dari ciri hidungnya yaitu terlihat seperti ada dua garis.

Postur tubuh

Kucing persia ini memiliki erawakan yang montok, serta dipenuhi dengan bulu yang panjang, mungkin saat si kucing melamun akan terlihat seperti boneka atau pajangan rumah karena bentuknya yang lucu dan menggemaska.

Selain memiliki bentuk tubuh yang gemuk, tubuh kucing persia juga dominan lebar pada bagian pundaknya dengan perut yang agak turun dan terlihat pendek karena ukuran kakinya yang pendek, dengan demikian maka terjadilah penyebutan nama type coby pada kucing persia ini.

Bentuk kaki kucing persia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bentuk kaki kucing persia cenderung pendek namun besar dan kokoh, meski sekilas terlihat kecil namun telapak kakinya sangat kuat untuk menopang tubuhnya. 

Selain itu kucing persia memiliki bentuk kaki bagian depan dan belakangnya lurus serta saat berjalan lebih berkesan malas layaknya kucing garfield.

Bentuk ekor

sama halnya seperti kucing anggora, bulu kucing persia ini berbentuk lurus dan berbulu lebat seingga berkesan besar dan bervolume. Ukuran panjang ekornya sendiri yaitu setengah dari postur tubuhnya, disisi lain tidak jarang juga dijumpai kucing persia yang memiliki bentuk yang lebih pendek pada saat mereka masih kecil

Jenis jenis kucing persia

Tidak cukup mengetahui ciri-cirinya saja. Mengingat ras kucing persia juga memiliki banyak jenis, sebaiknya kamu cari tahu juga mengenai jenis jenis kucing persia. Tidak usah jauh-jauh, dibawah ini akan saya bagikan informasi mengenai jenis kucing persia.

Kucing persia medium

kucing persia medium
Gambar kucing persia medium
Berbeda dengan persia jenis lainnya, sebenarnya kucing persia medium memiliki bentuk hidung yang tidak terlalu pesek dan cenderung terlihat sedang.

Seperti nama jenisnya Medium, buking persia ini tidak begitu nenonjolkan ciri kucing persia pada hidungnya, bahkan kamu bisa melihat bahwa hidungnya tampak sedikit menonjol.

Sedangkan harga jualnya pun bisa dibiang lebih rendah dari kucing persia  jenis Peaknose dan flatnoce. Selain itu kucing persia medium juga terdapat dua jenis yaitu shorthair dan long hair.

Perbedaan kedua erletak pada bulunya yaitu shorthair memliki bulu yang pendek ssedangkan longhair merupakan kebalikan dari shorthair.

Kucing Persia Flatnose

kucing persia flatnose
Gambar kucing persia flatnose
Seperti namanya Flatnose, kucing persia jenis ini tidak memiliki hidung yang terlihat mancung dan bisa dibilang kucing persia jenis ini memiliki hidung yang pesek. Namun hidungnya tidak begitu pesek jika dibandingkan dengan persia jenis peaknose.

Selain itu, kucing persia jenis ini tidak memiliki kepala yang berbentuk bulat sempurna, melainkan kepala kucing persia flatnose ini cenderung terlihat sedikit kotak.

Kucing Persia Peaknose

kucing persia peaknose
Gambar kucing persia peaknose
Perlu kamu ketahui, sebetulnya kucing persia jenis ini tidak jauh beda dengan kucing persia flatnose khususnya dalam bentuk, ukuran dan ciri, hanya saja kucing persia jenis ini memiliki bentuk hidung yang lebih pesek.

Nah, karena hidungnya yang cenderung lebih pesek dari persia jenis lain menjadikan harga jualnya yang berniali cukup tinggi dan banyak diminati oleh pecinta kucing di dunia karena perawakannya yang terlihat lucu dan imut.

Kucing persia himalaya

kucing persia himalaya
Gambar kucing persia himalaya
Dan yang terakhir yaitu kucing persia himalaya. Nah, untuk kucing persia himalaya umumnya memiliki ciri yang begitu mencolok dari kucing persia jenis lainnya yaitu memiliki postur tubuh yang besar dengan bulu yang panjangserta hidungnya yang tidak begitu pesek.

warna bulunya pun bervariasi dan unik yaitu warna dasar dari kucing ini bergradasi campuran warna lain seperti kombinasi warna gelap abu-abu, hitam ataupun coklat. Selain itu, gradasi warna tersebut sering dijumpai pada arean tertentu seperti pada bagian hidung, ekor, telinga, pipi, atau ujung kaki.

Demikianlah ulasan mengenai kucing persia kali ini. Mengingat kucing memiliki banyak jenis, maka kamu harus paham betul mengenai ciri dan jenisnya supaya kamu tidak salah membeli jenis kucing

Selain itu, Kucing Persia memang menjadi hewan peliharaan favorit bagi pecinta hewan khususnya para Catlovers. Kamu bisa memilih salah satu jenis yang ada untuk menambah koleksi atau peliharaan. Semoga ulasan kali ini dapat membantu kamu untuk mengenal lebih dekat dengan kucingpersia.

Artikel terkait :
Terimakasih dan semoga bermanfaat

Jangan kau seperti iblis, Hanya melihat air dan lumpur ketika memandang Adam.

0 Comments