Saturday, February 15, 2020

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kucing Muntah

Kucing muntah mungkin sering kita anggap sepele, tanggapan kita terkait kucing yang muntah mungkin menganggap bahwa ia memakan sesuatu yang tidak disukainya yang pada akhirnya membuat si kucing muntah.

Namun sebaiknya masalah tersebut jangan dianggap sepele, Sama seperti manusia saat kita sedang muntah pasti rasanya tidak enak dan hal tersebut merupakan ciri bahwa daya tahan tubuh kita sedang menurun, "Begitu pula dengan kucing"

Jika si kucing sedang muntah, terlebih lagi muntah yang tidak wajar seperti muntah berbusa putih, kucing muntah cacing dan sebagainya sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja, segera ambil tindakan untuk mengobatinya.

Saat kucing kamu sedang mengalami hal tersebut, tentunya kamu harus mengetahui penyebabnya agar kamu paham betul terkait penanganan seperti apa yang dibutuhkan si kucing.
"Lalu apa penyebab dan cara mengatasinya ?"
Tak usah panik! Oleh karena itu, Wikipets.info punya info penting terkait penyebab dan cara mengatasinya, jadi mari simak ulasannya dibawah ini.

Penyebab Kucing Muntah

Kucing muntah<
Ternyata penyebab kucing muntah itu bukanlah dari satu faktor saja, melainkan banyak hal yang bisa mnjadi pemicu terjadinya gejala muntah pada si kucing. Berikut ini 13 penyebab kucing muntah yang harus kemu ketahui.

Gejala penyakit

Meski beberapa gejala kucing muntah biasa terjadi karena si kucing memakan sesuatu yang ia tidak suka, ada juga beberapa jenis penyakit muntah yang apat dialami sikucing dan perbedaannya pun cukup mudah dikenali.

Penyakit muntah tersebut terbagi menjadi 4 yaitu kucing muntah berdarah, muntah berlendir, muntah cairan empedu dan kucing muntah kuning.

Kucing muntah berdarah : kucing yang mengalami muntah darah biasanya barah yang dimuntahkannya ada dua jenis warna, yaitu warna merah kecoklatan dan warna merah cerah.

Saat si muntah darah dengan warna kecoklatan menandakan bahwa ada masalah pada usus si kucing, sedangkan muntah darah dengan warna merah cerah menandakan bahwa ada luka didalam saluran pencernaannya

Kucing muntah berlendir : satu satunya penyebab dari kucing yang muntah berlendir ialah terjadinya peradangan pada ususnya. gejala muntah tersebut juga sering di sertai dengan cairan yang berwarna kucing.

kucing muntah cairan empedu : Saat kucing muntah mengeluarkan cairan empedu berwarna hijau tua mungkin hal tersebut disebabkan oleh radang pankreas, radang pankreas sendiri merupakan radang yang terjadi pada kelenjar pankreas dengan dua bentuk yang sangat berbeda yaitu akut dan kronis. "Sebutan lainnya ialah Inflasi usus".

kucing muntah kucing : Kucing muntah kucing dapat terjadi karena terdapat kerusakan pada fungsi hati. Selain itu bisa juga disebabkan karena terlalu banyak makan atau juga disebabkan karena si kucing memakan benda-benda asing. 

Keracunan

Kucing yang muntah bisa saja disebabkan oleh keracunan makana. Saat si kucing keluyuran keluar rumah tentunya akan terlepas dari pantauan kita, dan saat itulah yang paling brbahaya bagi sikucing.

Pasalnya saat si kucing keluar rumah, ia akan memakan makanan apa saja yang dijumpainya dan tentu saja makanan tersebut tidak terjamin baiknya bagi sistem pencernaan si kucing.

Selain itu, saat kucing keluar rumah dan tiba-tiba ia merasa haus lalu menemukan air genangan, ia pasti meminumnya. dan itulah bisa jadi pemicu kucing mengalami muntah yang berbusa.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu membatasi lingkungan main si kucing seperti halnya menjaga si kucing agar tetap di rumah dan pastikan agar dia tidak keluyuran.

Masuknya benda asing kedalam perut

Nah ini juga merupakan salah satu penyebab kucing muntah yang diakibatkan karena lepasnya si kucing dari pengawasan kita. Misal saja saat si kucing keluar rumah ia akan memakan benda benda asing seperti ketras, plastik dan lain sebagainya.

kita juga tidak bisa menyalahkan si kucing begitu saja karena mereka juga mempunyai hobby menggigit sesuatu dan tak jarang sampai tertean oleh si kucing.

Beberapa hari lalu saya menjumpai postingan dari salah seorang penguna akun sosial media yang terdapat sebuah kasus kucing kesayangannya menggigit kabel yang mengakibatkan si kucing mati kesetrum.

Jadi sebagai majikan si kucing, kamu juga tidak boleh menaruh benda-benda berbahaya sembarangan.

Pengaruh obat dan toksin

Kucing yang untah juga bisa disebabkan oleh obat-obat tertentu yang munkin ia jilat dengan tidak sengaja atau yang kamu berikan dengan dosis yang tidak kamu fahami.

Misalnya seperti memberikan obat yang secara teknis di khususkan untuk manusia seperti halnya obat aspirin, acetaminofen, ibuprofen dan amfetamin yang tentu saja bisa menbuatnya mengalami munta. Atau juga disebakan oleh obat yang bergeletak di lantai dan tidak sengaja di jilat sikucing.

Alergi makanan

Alergi makanan merupakan penyebab yang sangat familiar terjadi dalam kasus gejala kucing munta. Maka dari itu kamu harus cermat dalam memilih makanan kucing. Selain itu masalah alergi juga jangan disepelekan karena sifatnya yang berkepanjangan.

Infeksi bronkial

Infeksi bronkial merupakan  kondisi medis yang menyebabkan jalan napas paru-paru membengkak dan menyempit dan hal tersebut bisa menyebabkan gejala muntah pada kuicng.

Ini juga merupakan salah satu gejala yang sering dialami si kucing, pemicunya disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus

Parasit

Parasit merupakan pemicu yang paling sering dialami yang sering mengakibatkan kucing munta dan menurunnya daya tahan tubuh si kucing.

Parasit bisa masuk kedalam tubuh kucing melalui makanan yang tidak higienis atau juga melalui bulu yang tidak sengaja terhirup si kucing saat ia mermain-main.

Buruknya nutrisi diet

Sama seperti manusia, terkadang kucing yang mengalami kenaikan berat badan yang berlebih sering diberikan makanan dengan program diet bagi kucing, namun minimnya pengetahua kita tidak mengetahui seberapa baik dan buruknya menu makanan yang kita berikan terhadap si kucing.

Sebagian besar orang akan memberikan makanan dengan protein tinggi saat si kucing sedang melakukan program diet. Namun Makanan terseput bisa saja terdiri dari bahan-bahan sisa makanan ternak yang tetu akan berbahaya bagi kesehatan si kucing.

Faktor genetik

Kucing yang mengalami muntah ternyata bsa disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan, dan hal tersebut biasa terjadi karena hal tersebut merupakan turunan dari induknya. Namun bukan berarti kita tidak harus slalu memperhatikan kesehatannya.

Pasca operasi

Saat kucing kamu munah pasca melakukan operasi, kamu tidak usah hawatir akan hal itu. Kucing muntah yang disebabkan akibat pasca operasi dikarenakan penurunan stamina bagi si kucing, dalam artian kamu hanya perlu mengistirahatkannya saja.

Muntah akibat bulu (Hairballs)

Muntah yang diakibatkan oleh bulu merupakan masalah yang sering terjadi dan bersifat nirmal. Secara logi kucing yang muntah akibat bulu biasanya disebabkan akibat si kucing tidak sengaja memakan bulunya saat melakukan self grooming.

lama-kelamaan jika si kucing menelan bulunya secara berkala, maka kapasitas lambungnya akan mengurang. Dan dari prihal tersebut bisa dipastikan dalam waktu dekat sikucing akan memuntahkan makanan yang ia makan.

Oleh karena itu sebaiknya kamu harus mengetahui cara memandikan kucing dengan cara yang benar guna untuk meminimalisir hal tersebut.

Virus Panleukopenia

"Pernahkan kamu melihat kucingmu mengalami muntah dengan cairan berwarna kucing. ?"
Jika pernah mungkin hal tersebut disebabkan oleh virus yang satu ini. Selain kucing muntah kuning virus ini juga dapat mengakibatkan gejala lain seperti mencret pada si kucing.

Si Kucing sedang hamil

Penyebab kucing muntah yang terakhir ialah disebabkan oleh hamil. Sama halnya seperti manusia, muntah bisa menjadi salah satu ciri kucing hamil.

Muntah ini disebabkan karena hormon esterogen yang meningkat dan membuat cairan asam pada lambung dalam perut si kucing ikut meningkat. Itulah sebabnya mengapa saat kucing selesai makan langsung muntah.

Cara mengatasi kucing muntah

cara mengatasi kucing muntah
Gambar kucing
Jika kamu sudah peka terhadap penyebab kucing muntah, tentunya akan lebih kudah untuk mengobati gejala yang dialami si kucing.

Nah, untuk cara mengatasi atau mengobati kucing muntah saya wikipets.info membaginya kedalam dua kelas yaitu kelas normal dan ubnormal.

Muntah Normal

Jka kucing kamu mengalami muntah yang disebabkan oleh sesuatu yang bersifat alami seperti disebabkan oleh kucing hamil, memakan sesuatu ang tidak ia sukai, atau disebabkan pula oleh tertelannya bulu akibat bulu kucing rontok yang mengakibatkan kucing muntah, maka penanganannya pun cukup mudah.

Kamu hanya perlu menjauhkan sesuatu yang berbahaya yan mungkin dapat ia gigit seperti halnya kertas bekas ikan, dan lain sebagainya. Dengan cara demikian juga dapat mengantisipasi masalah lain yang lebih serius.

Selain itu jika kucing kamu memuntahkan makanan yang ia makan, kamu bisa mencoba untuk tidak memberinya akan selama kurang lebih 12jam. Hal tersebut bertujuan untuk memantau gejala si kucing, saat ia merasa haus dan kelaparan maka segera beri ia minuman dan makan, dan semoga saja ia tidak memuntahkannya lagi.

Muntah ubnormal

Walaupun kucing kamu mengalami gejala muntah yang mungkin disebabkan oleh sesuatu yang kecil, ia juga bisa disebabkan oleh masalah yang lebih serius lagi.

Jika kucing kamu mengalami muntah yang disebabkan oleh sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan makan, atau mengkonsumsi sesuatu yang tidak cocok sebaiknya segera kucnjugi dokter hewan, guna untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Isi dan warna muntahan juga bisa sangat menentukan penyebab kucing muntah, jika kucing menglami muntah kucing serta disertai dengan busa basanya disebabkan oleh bulu yang menumpuk didalam perutnya.

Tapi jika kucing mengeluarkan muntahan yang berwarna hijau seperti empedu maka dapat dipasikan bahwa ada masalah pada ginjal yang serius atau terjadinya infeksi.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatssi kucing yang mengalami gejala muntah, Semoga dengan artikel ini dapat membantu permasalahan kamu.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Tuangkan saja semua lewat tulisan, karena menulis seperti bersin yang melegakan.

0 Comments