Thursday, February 13, 2020

Mata Kucing Berair : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mata Kucing berair"Pernahkan kucing kalian mengeluarkan air disekitaran matanya ?". Jika pernah, mungkin dia sedang sakit mata, penyakit mata ternyata bukan hanya dapat menyerang manusia saja melainkan hewan peliharaan juga dapat terserang "Terutama bagi kucing".

Mata kucing yang berair tersebut juga merupakan salah satu penyakit kucing yang sering dialami si kucing.

Sebetulnya kondisi ini masih bisa dikatakan wajar, kucing yang mengeluarkan air mata merupakan cara tubuhnya untuk menghindari bulu-bulu di sekitar matanya.

Selain itu, mata kucing berair juga bisa disebabkan oleh benda asing yang masuk ke matanya, seperti debu polusi dan lain sebagainya.

Namun dibalik hal tersebut, kucing yang sedang sakit mata biasanya bukan hanya mengeluarkan air saja, terkadang juga disertai dengan gejala mata kucing belekan, mata memerah, bengkak dan sebagainya.
"Lalu apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi mata kucing yang berair ?"
Nah, untuk itu wikipets.info memiliki informasi penting terkait masalah tersebut mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya, jadi silahkan simak ulasannya berikut ini.

Penyebab mata kucing berair

Penyebab dan cara mengatsi mata kucing yang berair
Mata merupakan organ penting pada tubuh mahluk hidup yang berfungsi untuk melihat suatu objek, atau sebagai "indra penglihatan".

Lalu bagaimana jika mata tersebut bermasalah.

Salah satu masalah yang sering menyerang mata ialah mata yang berair karena sakit mata atau lain sebagainya. Sakit mata juga seing menyerang hewan peliharaan dan khususnya kucing. Nah, beberapa ini merupakan penyebab mata kucing yang berair.

Nasolaccrimal Occlusion

Nasolaccrimal Occlusion merupakan suatu gejala yang terjadi pada organ mata yang nantinya akan mengakibatkan mata yang terserang akan terus menerus mengeluarkan air mata.

Secara teknis, didalam organ mata terdapat sebuah jaringan yang akan mengatur pengeluaran air mata. Namun apabila terjadi gangguan pada organ jaringan tersebut, maka mata akan meneluarkan air yang tidak terkontrol.

Produksi mata air yang berlebih

Salah satu penyebab saat mata kucing berair yaitu adanya kadar air mata yang berlebihan, Hal tersebut dikarenakan mata si kucing sedang beradaptasi dengan bulu mata yang tumbuh secara tidak wajar.

Untuk masalah yang ditimbulkan oleh penyebab ini kamu tidak usah khawatir, karena gejala mata kucing yang berair tersebut termasuk hal yang wajar.

Radang pada konjungtiva

Terkadang mata kucing yang berair juga diakibatkan oleh matanya yang terluka, luka tersebut bisa saja ia dapatkan saat matanya tergores oleh sesuatu. Selain tergores, luka tersebut juga bisa disebabkan oleh bakteri pada mata si kucing yang mengakibatkan rasa perih di area mata.

Jika luka tersebut tak kunjung sembuh juga bisa-bisa mengakibatkan radang pada lapisan tipis yang berada di mata atau yang disebut dengan Konjungtiva. Konjungtiva ini berfungsi untuk melindungi sklera (area putih dari mata).

Mata gatal disebabkan oleh cacing

Penyebab mata berair pada kucing yaitu disebabkan oleh ras gatal pada mata yang senderung disebabkan oleh cacing yang bentuknya sangat kecil.

penyebab yang satu ini cukup berbahaya bagi kesehatan si kucing. Jika kucing kamu sering mengeluarkan air dan matanya senderung berwarna merah, sebaiknya segera hubungi dokter hewan untuk berkonsultasi.

Namun mengingat cacing ini bisa terlihat secara jelas dengan mata telanjang, sebelum membawanya ke dokter sebaiknya lakukan pengecekan terlebihdahulu untuk memastikan bahwa di dalam mata kucing terdapat cacing atau tidak.

Suhu udara yang dingin

Perlu kamu ketahui, Kucing merupakan hewan yang suka dengan suhu udara yang hangat, itu sebabnya mengapa kucing memiliki bulu, alasannya yaitu berfungsi untuk mengatur suhu pada tubuhnya.

Apabila si kucing berada di ruangan yang bersuhu dingin biasanya ia akan mengeluarkan air mata, terlebih lagi saat memasuki musim dingin. 

Meski masalah ini merupakan suatu hal yang wajar, sebaiknya kamu lakukan beberapa cara untuk tetap manghanatkan tubuhnya seperti hanya mengurangi pemakaian AC. atau tempatkan si kucing di ruangan yang hangat. Hal tersebut bertujuan untuk menantisipasi masalah kucing yang tidak betah dirumah.

Terkena virus herpes

Virus yang satu ini bisa menyebabkan mata kucinng berair, belekan, berwarna kemerahan dan bengkak. Virus herpes ini dapat dipicu oleh rasa stress yang dialami oleh si kucing. maka dari itu, sebaiknya kamu kenali dulu ciri ciri kucing stres dan cara mengatasinya

Tidak jarang virus ini hanya menyerang satu mata saja. Selain itu, kucing yang terserang virus ini cenderung kan menghindari cahaya.

Terkena Radang paru

Selain beberapa penyebab diatas, masalah mata kucing yang berair juga dapat disebabkan oleh radang paru pada kucing. Selain mengalami mata yang berair, kucing yang terserang penyakit ini jga akan mengalami gejala lain seperti flu, susah bernafas hingga bersin-bersin.

Dan ulah dibalik semua gejala tersebut ialah Virus yang bernama Chlamidia Psitacii. Mengingat virus ini juga dapat menular lewat mulutnya, sebaiknya kamu perhatikan kebersihan dan awasi juga saat si kucing bersin supaya tidak menula pada kucing lain.

Cara Mengatasi mata kucing yang berair

Cara mengatasi mata kucing berair
Cara mengatasi mata kucing berair
Nah, setelah kamu mengetahui penyebab dari mata kucing yang berair, jika gejalanya tidak wajar sebaiknya segera atasi masalah tersebut. kamu bisa mengaplikasikan beberapa cara untuk mengatasi masalah pada mata kucing yang berair dengan point-point dibawah ini.

Membersihkan kotoran pada mata kucing

Upaya pertama yang harus kamu akukan untuk mengatasi masalah pada mata kucing yang berair ialah membersihkan mata yang terkena seuatu, entah itu debu atau lain sebagainya.

Biasanya saat kucing mengeluarkan air pada matanya, tidak jarang pula disertai dengan kotoran seperti beleh hingga nanah. Selain debu, kotoran inilah yang harus kamu bersihkan. Dengan membersihkan kotoran pada mata si kucing tentunya dapat membantu menjaga penglihatannya agar tetap jelas dan tidak terhalang oleh sesuatu.

kamu bisa membersihkan mata si kucing dengan menggunakan kapas atau katembat yang teksturna lembut, Jika kotoran pada mata kucing tersebut lumayan keras dan sulit di bersihkan, kamu bisa membasahi kapas tersebut untuk mempermudahnya.

Berikan obat mata untuk mengobati

Meski sebagian gejala mata kucing yang mengeluarkan air merupakan hal yang biasa, namun ada beberapa gejala tersebut yang didalangi oleh sebuah virus atau penyakit.

Nah masalah inilah yang tidak seharusnya kamu sepelekan, saat gejala mata kucing yang berair dirasa tidak biasa sebaiknya segera memberinya obat tetes mata yang dikhususkan untuk kucing.

Kamu dapat memperoleh obat tersebut di petshop terdekat dikota kamu, perlu diingat bahwa kamu tidak boleh menggunakan obat tetes mata untuk manusia karena akan menimbulkan bengkak pada mata si kucing.

Pisahkan kandang si kucing

Dalam tahapan ini sebetulnya hanya untuk menghindari masalah lain seperti penularan terhadap kucing lainnya. Selain itu, Kucing yang mengalami masalah seperti ini juga memerlukan perawatan khusus untuk penanganannya.

Mengingat kucing merupakan hewan yang rentan terhadap penyakit, maka tda ada salahnya untuk memisahkan kandang kucing yang terjangkit penyakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Buat ia merasa nyaman

jika masalah ini tidak ingin kamu alami oleh kucing kesayanan kamu, kamu dapat meminimalisir pemisu terjadinya suatu masalah pada si kucing, terutama bagi masalah mata kucing berair.

Untuk mencegah terjadinya masalah pada keluhan mata dan masalah lainnya, kamu harus memperhatikan pemberian makan dan pastikan pula nutrisi yang diperlukan si kucing terpenuhi.

Hal ini merupakan penanganan yang terbaik guna untuk menjaga daya tahan tubuhnya agar tetap prima. jangan sampai perlakuakmu terhadap sikucing membuatnya menjadi stress, Karena beberapa masalah kesehatan juga dapat menjangkit si kucing tatkala ia sedang stress. Jika kucing kamu stress, sebaiknya cari tahu ciri ciri kucing stress dan cara mengatasinya.

Jika perlu, bawa ci kucing ke dokter

Jika kamu telah melakukan segala upaya untuk mengatasi masalah pada mata kucing yang berair dan hasilnya nihil, sebaiknya kamu segera membawanya ke dokter hewan demi mendapatkan penanganan  yang tepat.

Mengingat dokter hewan lebih faham dan mengetahui segala hal terkait metabolisme pada tubuh hewan, tentunya hal ini merupakan jalan terbaik untuk mengatasi masalah pada matanya, jalan ini hanya dilakukan saat kondisinya dikira semakin parah dan memerlukan penanganan yang khusus.

Itulah beberapa pembahasan terkait penyebab dan cara mengatsi masalah untuk mata kucing yang berair. Meski sebagian dari gejalanya merupakan hal yang biasa, sebaiknya kamu pantau terus kesehatan si kucing.

Pastikn pula bahwa gejala tersebut tidak menimbulkan masalah yang lebih serius lagi. Semoga ulasan kami ini dapat membantu anda.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Tuangkan saja semua lewat tulisan, karena menulis seperti bersin yang melegakan.

0 Comments