Wednesday, July 1, 2020

Ikan Molly : Karakteristik, Jenis dan Harga

Gambar ikan molly
Ikan molly adalah salah satu ikan hias air tawar yang paling popuer di Indonesia. Tidak sulit untuk menemukan ikan hias ini di indonesia lantara banyak sekali orang yang memeliharanya dirumah.

Selain itu, ikan molly juga mudah untuk dibudidayakan sehingga banyak para penjual ikan yang membudidayakan ikan ini untuk di perjual belikan.

Ikan hias ini terkenal karena Karakteristiknya yang tenang dan suka terhadap suasana perairan yang tenang untuk ditempatinya.

Olek karena itu, ikan ini sangat cocok sebagai salah satu aksen tambahan dalam Aquascape, dan cocok pula disatukan dengan ikan hias lain atau bahkan udang hias yang berukuran kecil.

Selain itu, ikan molly juga tergolong mudah dalam perawatan dan perkembangbiakannya. Namun bukan berarti tidak ada kesulitan untuk memelihara ikan hias ini.

Ikan molly cenderung lebih sensitif terhadap perubahan cuaca yang drastis, jadi kamu harus memperhatikan masalah perubahan cuaca jika kamu ingin memelihara ikan molly.

"Tertarik memelihara ikan molly ?"

Buat kamu yang tertarik untuk memelihara ikan molly, sebaiknya kita berkenalan dulu dengan ikan molly ini agar kita tidak salah beli ikan dan mengerti dengan baik terkait semua hal tentang ikan molly.

Untuk itu, Wikipets.info akan membagikan Ulasan lengkap dan penting terkait ikan molly, Mulai dari pengenalan karakteristik, jenis dan gabar ikan molly, serta harga ikan molly terbaru.

"Oke, langsung saja ke pembahasannya"

Karakteristik Ikan Molly

Ciri ciri ikan molly
Contoh gambar ikan molly
Sebetulnya Ikan hias cantik yang satu ini merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari perairan Meksiko, Florida, dan Virginia.

Di habitat aslinya, ikan molly ini biasa tinggal pada kedalaman tertentu dengan suhu 25° hingga 28° Celcius dengan pH Air sekitar 8.

Namun ikan Molly yang pada awalnya berasal dari luar negri, saat ini sudah terbiasa hidup di pH air yang normal yaitu sekitar 7.

Ikan ini merupakan ikan yang kurang bisa menyesuaikan perubahan suhu yang cukup tinggi. Maka dari itu, dalam melakukan perawatan ikan molly selain memberikan makanan dengan terlatur, kita juga harus memperhatikan perubahan cuaca.

Secara fisik, ikan molly memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang hampir sama dengan ikan guppy dan ikan cere. Oleh sebab itu, sebelum terburu-buru membeli ikan, sebaiknya kenali dulu ciri ciri ikan molly terlebih dahulu.

Ikan molly sebetulnya memiliki ciri khas yang mudah dikenali, kamu bisa mengenali ikan molly dari beberapa hal dibawah ini :
  1. Pada dasarnya ikan molly memiliki bentuk tubuh yang bulat dan memiliki perut yang buncit.
  2. Memiliki mulut yang maju ke depan serta cenderung lurus dengan matanya.
  3. Memiliki bola mata yang bulat dan cukup besar.
  4. Memiliki bintik bintik kecil yang terdapat diseluruh tubuhnya.
Itulah ciri fisik yang paling menonjol dari  ikan molly.
Baca juga : Ikan mas koki : (Ulasan Lengkap)

Jenis Jenis Ikan Molly

Tidak cukup mengenali karakteristiknya saja, Mengingat ikan molly juga memiliki banyak varian jenis dengan warna yang berbeda.

Maka saya rasa, penting juga untuk mengenal jenis- jenis ikan molly ini. Beberapa jenis ikan moly yang terkenal dan sering dipelihara di Indonesia ialah :

Black Sailfin Molly

Black Sailfin Molly
Black Sailfin Molly
Ikan Black Sailfin Molly sangat saya rekomendasikan untuk dipelihara oleh para pemula entah untuk dijadikan koleksi ikan hias ataupun untuk dibudidayakan di aquarium.

Hal tersebut dikarenakan ikan baloon yang satu ini cukup mudah dalam perawatannya. Karakteristik ikan mollyjenis Black Sailfin Molly ini memiliki tubuh yang hampir serupa denan ikan cupang.

Black Molly

Black molly
Black molly
Jenis ikan molly yang kedua ini memiliki ciri ciri yang menarik yakni sisiknya yang berwarna hitam dan menyelimuti sekujur tubuhnya mulai dari kepala hingga ekor dan sirip.

Dengan variasi warna yang unik tersebut, ikan molly jenis ini akan terlihat sangat indah jika menjadi aksen tambahan dalam aquascape, terlebih lagi saat tersorot lampu saay ia berenang degan bebas.

Dalmation Molly

Dalmation Molly
Dalmation Molly
Ikan Dalmatian Molly ini memiliki ckarakteristik tubuh yang berbeda dari ikan molly jenis lainnnya, ikan molly jenis Dalmatian ini memiliki corak yang sama seperti anjing Dalmatian. Itulah mengapa ikan hias molly ini diberi nama Dalmatian Molly

Selain itu, ikan ini dapat tumbuh lebih besar dibandingkan ikan molly jenis lainnya dengan rata rata berukuran dibawah 5 inci.

Ikan molly jenis Dalmatian ini merupkan salah satu jenis ikan molly yang oaling banyak dipelihara dan berada di jajaran ikan top terfavorite.

Yucatan Molly

Yucatan molly
Yucatan molly Ikan molly jenis Yucatan Molly ini serng ditemukan di toko ikan hias, dan merupakan salah satu ikan molly dalam keluarga salfin molly.

Ikan molly ini memiliki corak pola warna yang berwarna merah dengan sedikit warna putih di perutnya, Ukuran ikan molly Yucatan ini juga tidak terlalu besar, ia bisa tumbuh maksimal berkisar 12 inci.

Marble Molly

Marble molly
Marble molly
Ikan molly jenis marble ini merupakan salah satu jenis ikan hias molly yang dihasilkan dari perkawinan silang yang kemudian menghasilkan jenis baru yang saat ini bernama molly marble.

Ikan molly ini Dipenuhi dengan warna putih dan disertai bercak bercak hitam yang menyelimuti seluruh bagian tubuhnya sehingga terlihat sangat anggun dan menawan.

Golden Black Molly

Golden black molly
Golden black molly
Ikan molly jenis Golden black molly ini memiliki ciri tubuh yang khas yakni dengan sisik yang berwarna emas dan menyelimuti tubuhnya muali dari kepala hingga perutnya lalu sebagiannya lagi berwarna warna hitam.

Dengan perpaduan warna tersebut menjadikan para kolekstor tertarik untuk memeliara ikan jenis ini dirumah.

Wild Green Sailfin Molly

Wild green sailfin molly
Wild green sailfin molly
Ikan molly jenis Wild Green Sailfin Molly ini masuk kedalam jajaran ikan molly dari keluarga sailfin yang artinya "Molly bersirip panjang".

Selain memiliki corak yang indah, Ikan molly jenis ini sangat sulit ditemukan. Itulah mengapa harga ikan molly jenis ini sedikit lebih mahal dari ikan molly lainnya.

Sesuai dengan namanya, ikan molly jenis ini memilikivarian warn yang unik yakni warna oranye yang terdapat di kepala ikan tersebut serta warna abu abu kehijauan yang terdapat i perut dan ekornya.

Poecilia Latipinna Molly

Peacilia latipinna molly
Peacilia latipinna molly
Jenis ikan sailfin molly ini memiliki keunikan warna tubuh yang berbentuk pola bintik-bintik dengan sirip punggung yang agak lebar.

Habitat asli ikan molly jenis poecilia latipinna ini berada di sungai San Antonio Texas, oleh karena itu, kamu harus memiliki aquarium yang tenang supaya pemeliharaanya optimah.

Silver Sailfin Molly

Silver saifin molly
Silver saifin molly
Sama seperti ikan molly jenis baloon molly, ikan molly jenis sailfin Putih atau Perak ini memiliki sirip bagian atas yang panjang.

Namun bedanya, sisik  ikan molly jenis ini cenderung berwarna keperakan sehingga terlihat sangat indah.

Biasanya ikan molly ini memiliki ciri khas bentuk yang berbeda antara pejantan dan betina, ikan molly betina memiliki bentuk tubuh yang cenderung lebih besar daripada si jantan

Balloon Molly

Baloon molly
Baloon molly
Dengan warnanya yang khas serta memiliki bentuk tubuh mengembang yang membuatnya hampir terlihat sama seperti baloon tentunya tiak asing lagi terlihat di berbagai tempat.

dengan kata lain, ikan molly ini sangat populer di Indonesia sehingga banyak masyarakat yang memelihara ikan ini di rumahnya.

Lyretail Molly

Lyretail molly
Lyretail molly
Ikan molly yang paling populer dan banyak dipelihara Oleh kolektor ikan di indonesia yang terakhir ialah ikan molly jenis Lyretail Molly.

Berbeda dengan ikn molly dari Clan sailfin, jenis lyretail molly ini justru memiliki ciri khas pada ekornya dan warnanya beragam. Di bagian ekornya berbentuk unik yakni berbentuk panjang pada ujung atas dan bawahnya, sedangkan bagian tengahnya cenderung pendek.

Itulah jenis jenis ikan molly yang populer dan paling banyak dipelihara di Indoesia. Jika kamu ingin memelihara ikan molly dirumah, pastikan dulu bawha kamu sudah menyiapkan tempat yang dibutuhkan ikan molly.

Mengigat ikan molly berasal dari perairan yang tenang dan tidak tahan terhadap perubahan cuaca yang ektrim, maka ikan hias air tawar ini paling cocok untuk ditempatkan di Aquascape.
Lita juga
Cara membuat aquascape

Daftar Harga Ikan Molly Terbaru

Harga Ikan Molly
Harga Ikan Molly
Bagi kamu yang ingin membeli ikan molly dan berniat untuk menjadikannya hiasan dirumah, berikut ini kami rangkum daftar harga ikan molly supaya kamu bisa menyesuaikan pembelian dengan budget yang kamu punya.

Jenis Ikan Molly  Harga Ikan Molly/Ekor 
Black Sailfin Molly   IDR 50,000.00,-
Black Molly  IDR 10,000.00,-
Dalmatian Molly  IDR 6,000.00,-
Yucatan Molly IDR 5,000.00,-
Marbel Molly  IDR 2,000.00,-
Golden Black Molly  IDR 3,000.00,-
Wild Green Sailfin Molly  IDR 5,000.00,-
Poecilia Latipinna Molly  IDR 5,000.00,-
Silver Sailfin Molly  IDR 5,000.00,-
Balloon Molly  IDR 5,000.00,-
Lyretail Molly IDR 25,000.00,-

Artikel terkait
budidaya ikan molly di aquarium
Demikianlah ulasan lengkap seputar ikan molly mulai dari pengenalan karakter, jenis jenis ikan molli dan gambarnya hingga list harga ikan Molly terbaru.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Tuangkan saja semua lewat tulisan, karena menulis seperti bersin yang melegakan.

0 Comments