Monday, April 20, 2020

Burung kacer : Jenis-Jenis, Ciri dan Harganya

Burung kacer merupakan salah satu jenis burung pengicau yang paling banyak digemari dan dikoleksi oleh para kicaumania di indonesia. Dengan kata lain, burung kacer juga bisa dikatakan "Primadona"  burung kicau di Indonesia.

Wajar saja, Selain banyak event perlombaan Kicaumania yang mengikutsertakan burung kacer ini, burung kacer juga memiliki keunikan tersendiri serta memiliki harga jual yang tinggi.

Bahkan harga burung kacer yang memiliki suara terbaik serta pernah menjuarai sejumlah perlombaan bisa mencapai 150Juta/Ekor.

Tentunya harga tersebut tergolong fantastis mengingat ukurannya yang tergolong kecil, tapi memiliki harga jual yang tinggi. "Tertarik untuk pelihara burung kacer ?". Wajar saja jika kamu tertarik untuk memelihara burung kacer ini.

Karena selain dapat dijadikan koleksi, dengan melakukan ternak burung kacer juga meruapakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan mengingat harga anakan burung tersebut juga dibandrol dengan harga yang cukup mahal, yakni berkisar antara ratusan hinga jutaan rupiah per anakannya.

"Namun sudah kenal kah kamu dengan burung kicau yang satu ini ?"

Bagi kamu yang belum kenal lebih dekat lagi dengan burung kicau ini, berikut wikipets.info akan membagikan ulasan lengkap terkait burung kacer mulai dari karakteristik, jenis-jenis burung kacer, cara merawat serta daftar harga burung kacer terbaru dan terupdate.

Untuk itu, mari kita simak ulasannya berikut ini

Karakteristik Burung Kacer

Burung kacer
Burung kacer memiliki karakteristik yang paling mencolok pada bulunya yang berwarna hitam. warna hitam tersebut menyelimuti sekujur tubuhnya mulai dari kepala hingga ekor sebagai warna dasar.

Selain warna hitam, burung kacer juga dihiasi dengan warna putih dibagian bawah perut serta bagian sayapnya.

Selain keunikan tersebut, burung kacer juga terkenal memiliki variasi suara yang unik dan nyaring serta tidak tidak mudah down ketika mendengan burung kicauan lain. Itu sebabnya burung kicauan ini cocok untuk dijadikan burung lomba.

Namun terkadang saat ia berada di Arena perlombaan bukanya mengeluarkan suara justru malah memunculkan karakter lain seperti menjadi pendiam, dan malah bermain main sewaktu diperlombaan.

Dan pertanyaannya "Kenapa bisa seperti itu ?". Itu semua Balik lagi pada sifat alami si burung. Untuk menyiasati hal tersebut sebaiknya kelani karakteristik alami si burung, dengan begitu kamu bisa mencari solusi dari masalah tersebut

Karakter alami burung kacer

Seperti yang kita ketahui, karakter alami burung kacer akan muncul ketika ia berada di habitat aslinya yaitu perkebunan yang menjadi tempat berkembang biak si burung.

Nah. Sifat alami tersebut akan terbawa ketika ia berada di arena perlombaan sehingga menimbulkan beberapa masalah seperti burung tidak mau berkicau saat di perlombaan.

Hal tersebut tentunya dapat dipengaruhi oleh beberapa penyebab yang salah satunya "burung kacer merasa asing di perlombaan". Namun untuk masalah ini anda tidak perlu khawatir, biasanya burung kacer hanya perlu beradaptasi beberapa saat sebelum untuk membiasakan diri pada lingkungan baru.

Prilaku alami burung kacer

Selain masalah yang ditimbulkan diatas, burung kacer juga dapat menmbulkan prilaku yang tidak biasa saat di perlombaan seperti "Ribut ribut dikandang", atau yang dalam bahasa sunda disebut "Gugurubugan teupararuguh".

Ribut ribut di kandang
Sifat inilah yang sering kali dialami oleh burung kacer meski si burung telah terbiasa dengan kehadiran manusia, dan masalah tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Sifat tersebut biasanya disebabkan kaena si burung tidak mau didekati oleh mahluk hidup lain mau itu didekati oleh manusia, ataupun hewan lain. Selain itu, bisa juga si burung melihat burung predator yang berkeliaran di arena perlombaan yang menjadikannya sangat ketakuta.

Burung kacer mengembangkan ekornya seperti kipas
Selain burung kacer ribut ribut di kandang, terkadang ia juga menimbulkan sifat lain seperti mengembagkan ekornya dan cenderung melihat kepada satu arah atau burung lain.

Jika burung kacer menimbulkan sifat seperti yang disebutkan diatas, maka bisa disimpulkan bahwa si burung sedang marah dan dan memperingatkan kepada yang dianggapnya mengancam untuk pergi.

Sifat tersebut biasanya melekat pada burung kacer selama musim kawin tiba, terutama saat burung tersebut sedang mengerami telurnya.

Selain karakter burung kacer yang telah disebutkan diatas, sebetulnya ada beberapa karakter lain yang dimiliki burung kacer seperti Bermental kuat hingga mudah beradaptasi sehingga lebih cept untuk dilatih.

Untuk itu, bagi kamu yang ingin memelihara burung kacer sebaiknya kenali dan pahami karakter si burung selama burung tersebut dipelihara oleh kamu sehingga kamu dapat dengan mudah mengatasi beragam masalah yang nantinya ditimbulkan si burung ketika.

Selain itu, kamu juga harus mengenal jenis-jenis burung kacer karena mengingat ada beberapa variasi jenis burung kacer yang terebar di Indonesia.

Jenis Jenis Burung Kacer Lengkap Dengan Gambar

Bagi kalian yang belum mengetahui jenis jenis burung kacer yang paling banyak dijumpai di Indonesia, Berikut ini kamu bagikan rangkuman beberapa jenis burung kacer. Untuk memudahkan, kamu sertakan gambar di setiap listnya.

Kacer Blorok

Burung kacer blorok
Burung kacer blorok
Dari sekian banyak jenis urung kacer, burung kacer jenis Blorok memiliki ciri fisik yang paling beda dibandingkan burung kacer jenis lainnya.

Warna bulu yang dimiliki burung kacer jenis ini tergolong unik karena warnanya bersorak totol totol putih dengan warna dasar hitam.

Selain warnanya yang mudah dikenali, jenis kacer jeis ini juga memiliki variasi suara yang bagus. itulah mengapa burung kacer Blorok ini.

Kacer Lokal (Jawa)

Burung kacer lokal (Jawa)
Burung kacer lokal (Jawa)
Burung kacer lokal atau yang juga dikenal dengan sebutan kacer jawa ini merupakan salah satu jenis burung kacer yang banyak dijumpai dan dikoleksi oleh para peghobby burung.

Berbeda dengan jenis burung kacer lainnya, kacer jenis jawa ini memiliki bulu yang berwarna hitam di hampir seluruh tubuhnya. Tidak terdapa warna putih di bagian perutnya melainkan hanya di bagian sayapnya saja.

Kacer Poci (Sumatra)

Gambar burung kacer poci (Sumatera)
Gambar burung kacer poci (Sumatera)
Burung kacer poci atau sumatra ini memiliki nama latin "Copsychus saularis" yang merupakan jenis burung paling banyak dikoleksi oleh para penghobby burung karena juga merupakan terbaik yang sering diikutsertakan dalam lomba.

Ciri ciri yang paling mencolok dari burung kacer jenis ini terdapat pada corak warna putih dibagian perutnya mulai dari dada bagian bawah hingga ekor berwarna putih.

Sedangkan dibagian atasnya, lebih didominasi warna hitam mulai dari ekor hingga kepalanya. Namun hanya sedikit terdapat warna putih di bagian tertentu.

Kacer Madagaskar

Gambar burung madagaskar
Gambar burung madagaskar
Burung kacer madagaskar ini memiliki ciri fisik yang hampir sama seperti kacer jenis poci, namun perbedaan antara keduanya cukup mencolok dan mudah dibedakan.

Jika kacer poci memiliki bulu yang berwarna hitam dengan dengan disertai warna putih dibagian perutnya. Kacer jenis madagaskar justru memiliki bulu yang berwarna hitam dengan gradasi kebiru biruan yang mengkilap.

Daftar Harga Burung Kacer Terbaru

Harga burung kacer
Harga burung kacer
Demi memudahkan kamu untuk memilah dan memilih burung jenis burung kacer yang sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Berikut kami sajikan informasi daftar harga burung kacer terbaru dan teupdate :

Jenis burung kacer Harga burung kacer/Ekor 
Burung kacer Poci Bahan IDR 200.000 -  400.000
Burung Kacer Poci trotolan IDR 100.000 -  120.000
Burung kacer bakalan IDR 200.000 -  400.000
Burung kacer Sumatera Gacor IDR 1.000.000
Burung Kacer betina Muda IDR 250.000
Burung kacer Jawara Gacor IDR 1.200.000
Burung Kacer betina 1 tahun IDR 300.000
Burung kacer Gacor 1.000.000

Artikel terkait
Ternak Burung Kacer {Panduan lengkap}
Download suara burung kacer

Demikianlah ulasan lengkap seputar Burung Kacer yang dapat saya bagikan kepada kalian. Semoga artikel ini dapat membatumu untuk mengenal lebih dekat dengan burung kacer.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Jangan kau seperti iblis, Hanya melihat air dan lumpur ketika memandang Adam.

0 Comments