Friday, April 10, 2020

Kelinci Anggora : Ciri-ciri, Cara Merawat dan Harga

Kelinci Anggora merupakan salah satu jenis kelinci yang sering menjadi pilihan para pecinta hewan saat mereka ingin memelihara sepasang kelinci.

Selain karakternya yang lucu dan menggemaskan layaknya Kucing anggora, kelinci anggora juga memilik bulu yang halus, panjang serta lebat yang menyelimuti sekujur tubuhnya.

Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang jatuh cinta terhadap kelinci anggora ini. Dan mungkin kalian yang sedang baca-baca artikel ini juga mulai atau sudah tertarik dengan kelinci lucu yang satu ini.

Oleh karena itu, saya akan membagikan ulasan menarik seputar kelinci anggora yang sayang sekali jika dilewatkan. Pembahasan yang akan saya ulas dibawah ini meliputi karakteristik kelinci anggora, cara merawat hingga daftar harga kelinci angora terbaru.

Maka dari itu, bagi kalin yang mulai tertarik untuk memelihara kelinci anggora, alangkah lebih baik untuk kita kenalan dulu dengan kelinci jenis ini seupaya kita mengenal lebih dalam lagi tentangnya. 

Berikut ulasannya kami rangkum untuk anda.

Karakteristik Kelinci Anggora

Gambar kelinci anggora
Seperi yang telah disinggung sebelumnya, kelinci anggora merupakan salah satu jenis kelinci dengan karakter bulu yang lebat dan tebal. dari lebatnya bulu kelinci anggora tersebut banyak yang menanfaatkannya sebagai bahan pembuatan benang woll.

Dengan melakukan ternak kelinci anggora sebagai peluang usaha di bidang industri benang woll bisa dikategorikan sebagai bisnis yang menjanjikan. Hal tersebut dikarenakan bulu kelinci jenis ini dapat dipanen setiap 4 bulan sekali dengan menggunakan alat cukut khusus.

Namun di Indonesia sendiri jarang peternak kelinci yang memanfaatkan kelinci anggora ini sebagai bisnis tersebut, melainkan untuk dijual dan dijadikan kelinci hias.

Kelinci jenis anggora ini pada dasarnya berasal dari ankara (Daerah turki). Mungkin sudah tidak asing lagi bahwa daerah tersebut merupakan kawasan lahirnya hewan-hewan berjenis anggora seperti kelinci dan kucing, bahkan domba sekalipun.

Cara Merawat Kelinci Anggora

Gambar kelinci lucu
Contoh gambar kelinci lucu
Sebelum kamu membeli kelinci anggora di petshop atau peternak kelinci di daerahmu, sebaiknya kamu ketahui dulu persiapan dan bagaimana cara memelihara kelinci anggora supaya pertumbuhannya tetap terjaga dan Optimal.

Cara memelihara kelinci anggora sebetulnya tidak sesulit yang dibayankan selama kita memiliki keinginan dan memiliki rasa cinta terhadap si kelinci.

Cara merawat kelinci anggora bagi pemula dan persiapan tersebut dapat kamu lakukan dengan beberapa hal dibawah ini.

Kandang kelinci

Hal yang paling pertama dan utama yang harus kamu persiapkan ialah kandang yang nyaman bagi kelinci yang akan ita pelihara.

Dalam proses penyiapan kandang kelinci yang nyaman tidak begitu sulit dan merepotkan kita, kamu hanya perlu menyiapkan kandang dengan ukuran tertentu dan tata letak kandang yang tepat.

Ukuran kandang kelinci
Meskipun kmu tidak memelihara kelinci anggora tapi malah memelihara kelinci jenis lainnya, tetap saja hal yang perlu diperhatikan ialah ukuran kndang.

Jika kamu memberikan kandang yang berukuran kecil, tentunya akan sangat berpengaruh pada kesehatan si kelinci. Kelinci yang sedang kita pelihara bisa saja mengalami stress atau masalah lain yang disebabkan oleh keterbatasan gerak.

Jika kamu memilih untuk meletakkan kelinci pad kandang kawat, sebaiknya carilah kandang kelinci dengan ukuran 200 x 70 x 70 cm dengan tinggi kandang 50 cm. Namun jik kamu memilih untuk membuat kandangnya sendiri dan Jika kamu masih memiliki bahan-bahannya, buatkah ukuran yang lebih besar.

layout kandang kelinci
Setelah kandangnya siap untuk digunakan, selanjutnya kamu harus memilih tata letak kandang yang tepat.

Sebaiknya letakkan kandang kelinci ditempat yang intensitas mataharinya sedang. Namun jika kamu membuat kandang dengan menggunakan kayu, jangan letakkan kagdang ditempat yang lembab karena akan menimbulkan pengkroposan pada kandang kayu.

Terkadang kamu juga memerlukan kandang kawat portable yang dapat dipindahkan dari satu tempat ketempat lain. Beli saja kandang tersebut guna untuk menjemur kelinci yang kita pelihara.
Artikel terkait
Harga kandang kelinci

Rajin membersihkan kandang

Rasanya tahapan perawatan yang satu ini sudah sering kita jumpai pada artikel artikel yang mebahas sepurat perawatan hewan lain. Namun perlu diakui bahwa tahapan ini merupakan hal yang paling penting dilakukan.

Bahkan jik perlu, kamu harus membersihkannya setiap hari seperti mengeluarkan makanan sisa, membersihkan kandang kelinci dari kotoran kotoran.

Untuk membersihkan kandang kelinci sebetulnya tidak begitu sulit. kamu hanya perlu mengeluarkan kelinci dari kandangnya lalu lalu bersihkan beberapa kotoran yang telah disebutkan diatas seperti sisa makanan, dan kotoran kotoran lain seperti bulu yang rontok.

Namun anda tidak perlu menyuci kandangnya degan menggunakan sabun. Pasalnya sebagin besar hewan akan mengenali teritorialnya dari bau tubuh atau kotoran mereka "begitu pula dengan kelinci". Itu sebabnya kelinci tidak akan megenali kandangnya dan harus beradaptasi lagi dengan lingkungan kandang.

Memberikan teman atau jodoh

Kesepian Merupakan sebuah permasalahan yang dapat menyebabkan mahluk hidup seperti manusia dan hewan menjadi stress.

Kelinci juga merupakan mahluk hidup, ia juga bisa merasa kesepian jika tidak memiliki teman yang pada akhirnya dapat menyebabkan si kelinci menjadi stress.

Terlebih lagi jika waktu musim kawin tiba, kelinci akan stress karena ia tidak memiliki memiliki jodoh.

Maka dari itu, saat kamu membeli kelinci di peternak kelinci aau petshop, sebaiknya belilah sepasang kelinci atau lebih. Selain mengantisipasi terjadinya stress pada hewan tersebut, dengan membeli kelinci satu pasang atau lebih, maka peluang untuk berkembang biaknya juga besar.

Rawatlah bulu kelinci

Mengingat kelinci anggora memiliki karakter bulu yang lebat, halus dan panjang, maka merawat bulu kelinci anggora merupakan salah satu hal yang tidak kalah penting.

Kamu bisa melakukan perawatan dengan cara menyisir bulunya sebanyak 2 kali dalam sehari. Untuk menyisir bulunya yang halus, kamu bisa menggunakan sisir khusus bagi kucing, atau kelinci.

Selain itu kamu juga bisa merawatnya dengan menggunakan hair dryer. Namun settingannya harus yang dingin yaa.

Memberi Pakan yang Tepat

Tidak cukup dengan menyiapkan kndang kelinci saja, salah satu cara merawat kelinci yang paling penting ialah dengan memberikan makanan yang baik dan sehat bagi si kelinci.

Makanan kelinci yang sangat ia sukai ialah rumput. Namun bagi kalian yang tinggal di daerah perkotaan yang sulit terdapat rumput. Kamu bisa mengantinya dengan menggunakan sayuran tertentu seperti kangkung, wortel, atau lobak.

Namun ada beberapa sayuran yang sulit dicerna dan sebaiknya tidak diberikan kepada kelinci anggora kalian seperti Bayam, kacang tanah, jagung, Kubus, dan kembang kol.

Rutin memeriksa kesehatan

Dengan menjaga kesehatan hewan peliharaan yang ita adopsi merupakan hal yang wajib untuk dilakukan.

Oleh karena itu, saat kamu mengadopsi kelinci untuk kamu pelihara, kamu harus memastikan kesehatannya karena hal tersebut merupakan bagian dari tanggung jawabmu.

Namun kamu tidak usah khawatir, pada dasarnya kelinci akan menunjukan gejala gejala tertentu saat ia terserang penyakit. seperti jika terdapat masalah pada saluran pencernaannya, biasanya ia akan sedikt malas untuk mengunakan kaki belakangnya.

Jika kamu mulai melihat tanda atau gejala-gejala yang tidak biasa dialami si kelinci dan kamu tidak mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, segeralah bawa kelinci kesayanganmu ke dokter hewan untuk berkonsultasi.

Note
Tidak hanya manusia, kelinci anggora juga akan mengalami sindrom baby blues atau stress setelah indukan kelinci telah melahirkan anak. Ketika merasakan stress dan kelaparan, ia bisa saja memakan anaknya sendiri. 
Untuk mengantisipasi hal tersebut, segera menyiapkan makanan favorit bagi sang induk, pastikan juga makanannya bergizi
Lihat Juga
Ternak Kelinci {Panduan lengakp}

Harga Kelinci Anggora

Harga Kelinci Anggora
Harga Kelinci Anggora
Untuk memudahkan anda memilih dan menyesuaikan budget yang kamu miliki, berkut ini Wikipets.info akan sajikan daftar harga kelinci anggora terupdate dan terbaru.

Harga kelinci anggora biasa {Campuran lokal}

Jenis Kelinci  Usia  Harga/Ekor
Harga kelinci anggora biasa  Anakan IDR 25.000 - 50.000 
Harga kelinci anggora biasa  2 Bulan IDR 50.000 - 70.000
Harga kelinci anggora biasa  3 Bulan IDR 70.000 - 100.000
Harga kelinci anggora biasa  5 Bulan IDR 100.000 - 130.000

Harga kelinci anggora Hias

Jenis Kelinci  Usia  Harga/Ekor
Harga kelinci anggora Hias Anakan IDR 55.000 - 80.000 
Harga kelinci anggora Hias 2 Bulan IDR 85.000 - 100.000
Harga kelinci anggora Hias  3 Bulan IDR 100.000 - 130.000
Harga kelinci anggora Hias  5 Bulan IDR 130.000 - 200.000

Harga kelinci anggora Inggris

Jenis Kelinci  Usia  Harga/Ekor
Harga kelinci anggora Inggris 
Bulan
100.000 - 200.000 
Harga kelinci anggora Inggris 
Bulan
200.000 - 500.000 
Harga kelinci anggora Inggris  5 Bulan  300.000 - 2.500.000 

Harga kelinci anggora sepasang

Jenis Kelinci  Usia  Harga sepasang
Harga kelinci anggora Biasa Produktif 400.000 - 600.000 
Harga kelinci anggora Hias Produktif 700.000 - 1.000.000 
Harga kelinci anggora Ingris Produktif 1.000.000 - 3.000.000 

Demikianlah ulasan terkait kucing anggora mulai dari pengenalan karakteristik, cara merawat hingga daftar harga kelinci anggora terupdate dan terlengkap.

Terimakasih dan semoga bermafaat

Jangan kau seperti iblis, Hanya melihat air dan lumpur ketika memandang Adam.

0 Comments