Saturday, July 4, 2020

Ikan Lele : Jenis, Ciri-Ciri dan Harganya

Ikan lele
Wiki pets | Ikan lele, Siapa sih yang gk tau jenis ikan yang satu ini.

Ikan yang terkenal karena karakter tubuhnya yang licin ini memiliki segudang kandungan protein yang khasiatnya benar-benar bermanfaat bagi tubuh manusia.

Ikan yang tidak memiliki sisik ini banyak disukai oleh masyarakat untuk dikonsumsi, hal tersebut karena rasanya yang gurih dan dagingnya yang lembut.

Mengingat jumlah konsumen ikan lele di Indonesia tergolong banyak, maka dengan membudidayakan ikan jenis ini dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Nah bagi kamu yang tertarik untuk ternak ikan lele tapi kamu belum tau jenis-jenisnya, berikut ini kami rangkum jenis-jenis ikan lele dan informasi yang kamu butuhkan untuk mengenal ikan lele lebih dalam lagi.

Hal tersebut diharapkan agar  kamu dapat mengerti dengan baik mulai dari Jenis hingga ciri-cirinya sehingga kamu tidak salah memilih jenis ikan untuk dibudidayakan.

Oleh karena itu, mari kita simak ulasannya dibawah ini :

Karakteristik Ikan Lele

Gambar ikan lele
Gambar ikan lele
Umumnya ikan lele ini bersifat nokturnal atau aktif mencari makan pada waktu malam hari. Sedangkan pada siang hari ikan lele lebih sedikit beraktifitas dan cenderung berdiam diri ditempat yang gelap.

Selain itu, ikan lele ini termasuk kedalam golongan Omnivora atau hewan pemakan segala. Di alam liarnya, ikan ini sering mengkonsumsi kutu air, larva atau keong-keong kecil. Namun ikan lele juga suka memakan sayur-sayuran termasuk daun pepaya.

Jika dilihat dari fisknya, ikan ini memiliki potur tubuh yang memanjang dengan tidak dilengkapi sisik, namun untuk bertahan dari gangguan mangsa, ikan ini memiliki lendir yang membuat tubuhnya lucin saat disentuh.

Ciri lain pada fisik ikan lele ialah, kepalanya yang berbentuk pipih dan memiliki 2 pasang kumis yaitu 1 pasang dibagian atas dan 1 pasang lagi bibagian bawah moncong ikan tersebut.

Yang membuatnya unik, ikan ini memiliki alat pernafasan tambahan yang bernama Abrorescent sehingga menjadikan ikan ini dapat bertahan hidup walau ditempat yang minim oksigen sekalipun.

Dengan keunikan tersebut tentunya menjadi point tambahan jika kamu ingin membudidayakan ikan ini, entah itu dikolam terpal ataupun dikolam beton dan tanah. Selain itu, ikan jenis ini juga menyukai pakan buatan seperti pelet ikan karena baunya yang mereka sukai.

Jenis ikan yang satu ini memiliki penyebutan nama yang beragam seperti Ikan keling (Makasar), Ikan pintet (Kalimantan Selatan) dan Ikan ikan lele atau lindi dari (Jawa Tengah).

Jenis Jenis Ikan Lele Dan Gambarnya

Sama halnya seperti Jenis Ikan koi, Ikan yang satu ini juga memiliki jenis yang bervariasi.

Jika kamu bingung untuk memilih ikan lele jenis apa untuk dibudidayakan, kamu bisa mengenal jenis-jenis ikan lele dan mulai memilihnya dari rangkuman dibawah ini :

Lele Dumbo

Ikan lele dumbo
Contoh Gambar lele dumbo
Bagi kalian para peternak ikan lele, mungkin sudah tidak asing lagi dengan ikan lele yang satu ini.

Kabarnya ikan lele ini didapat dari hasil kawin silang antara lele lokal taiwan "Clarias Fuscus" dengan ikan lele lokal "Clarias Mosambicus" dari kenya daerah Afrika timur dan pertama kali dikenal pada tahun 1885-1986.

Sesaat setelah kedatangan ikan jensi ini ke Indonesia, lele dumbo langsung menjadi ikan lele favorit para peternak ikan karena karakter tubuhnya yang besar serta pertumbuhannya yang tergolong cepat.

Jika dibandingkan dengan ikan lele lokal, ikan dumbo ini memiliki fisik yang besarnya bisa 2x lipat dari besar tubuh ikan lele lokal.

Selain memiliki tubuh yang besar, ciri khas ikan lele jenis ini yakni terletak pada tubuhnya yang buntet pendek dan tumpul. sedangkan pada sungutnya cenderung lebih panjang jika dibandingkan dengan lele lokal.

Pada dasarnya ikan ini memiliki kulit yang berwarna hitam, namun terkadang warnanya bisa berubah sehingga terdapat bercak bercak putih dan hitam dengan pola abstrak.

Hal tersebut dikarenakan ikan lelenya sedang strees, warnanya akan kembali normal jika stersnya hilang.

Berbeda dengan ikan lele lokal, ikan dumbo ini tidak bisa membuat lobang di tanah. Oleh karena itu, ikan lele dumbo ini sangat cocok untuk dibudidayakan di kolam tanah.


Lele Sangkuriang

Ikan lele sangkuriang
Contoh Gambar lele sangkuriang
Nah.. selain ikan lele dumbo, lele sangkuriang juga merupakan salah satu ikan lele yang paling banyak dibudidayakan oleh peternak di Indonesia.

Dikutip dari beberapa sumber, Ikan lele ini didapat dari perkawinan silang antara lele dumbo jantan F6 dengan indukan indukan lele dumbo betina f2. Dari perkawinan silang tersebut dihasilkan keturunan ikan lele yang memiliki sifat-sifat unik unggul.

Salah satu keunggulan ikan lele sangkurian ini ialah kemampuan bertelurnya yang tinggi. Saking tingginya ikan lele sangkurian inidapat bertelur dengan jumlah 40-60 ribu dalam sekali pemijahan.

Dari keterangan tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa ikan lele jenis ini lebih unggul dari jenis ikan lele dumbo biasa. 

Nah.. selain ikan lele dumbo, lele sangkuriang juga merupakan salah satu ikan lele yang paling banyak dibudidayakan oleh peternak di Indonesia.

Dikutip dari beberapa sumber, Ikan lele ini didapat dari perkawinan silang lele dumbo jantan F6 dengan indukan indukan lele dumbo betina f2. Dari perkawinan silang tersebut dihasilkan keturunan ikan lele yang memiliki sifat-sifat unik dan unggul.

Salah satu keunggulan ikan lele sangkurian ini ialah kemampuan bertelurnya yang tinggi. Saking tingginya ikan lele sangkuriang ini dapat bertelur dengan jumlah 40-60 ribu dalam sekali pemijahan.

Keunggulan lain dari ikan lele jenis ini ialah daya tahan tubuhnya yang mampu bertahan terhadap serangan penyakit, serta bisa dipelihara dikolam dengan air yang minim.

Namun ikan lele sangkuriang ini tidak bisa dibudidayakan dari indukan yang sama karena kualitasnya yang akan menurun.

Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa membudidayakan ikan ini dengan cara persilangan kembali antara ikan lele dumbo bebina f2 dan pejantan dumbo f6.

Lele Phyton

Ikan lele phyton
Contoh gambar lele phyton
Dikabarkan ikan lele jenis phiton ini berasal dari daerah kabupaten pandeglang provinsi banten pada tahun 2004.

Dengan kata lain, ikan lele jenis phyton ini juga salah satu lele yang berasal dari perairan indonesia. Namaun keberadaannya terjadi karena perkawinan slektif oleh sejumlah peternak ikan.

Awal mulanya para peternak ikan lele di desa Banyumundu kabupaten Pandeglang mengkeluhkan kerugian yang dihasilkan dari ternak ikan lele karena tidak adanya jenis ikan lele yang cocok untuk kelembaban suhu didaerah tersebut sehingga sering menimbulkan kegagalan dan kerugian.

Lalu terjadi lah proyek perkawinan selektif untuk menghasilkan jenis ikan lele phiton ini serta untuk menjawab keluhan para peternak disana.

Selang beberapa tahun dari rencana proyek tersebut, alhasil ditemukanlah lele phiton ini, lebih tepatnya pada tahun 2004 dan keunggulannya pun diakui oleh dinas perikanan dari provinsi tersebut

Keungulan dari ikan lele jenis ini tentunya terletak pada daya tahan tubuhnya yang dapat bertahan di suhu air yang dingin. disisi lain tingkat daya tahan tubuhnya juga tergolong kuat yakni mencapai 90%.

Samahalnya dengan sebutan ikan lele ini, ciri fisik yang paling menonjol dari lele phiton ialah kepalanya yang benyerupai kepala ular phyton. Selain itu, ukuran mulutnya tergolong kecil dengan warna kulit yang juga terlihat seperti ular phyton.

Lele Lokal

Ikan lele lokal
Contoh gambar lele lokal
Jenis ikan lele yang satu ini merupakan jenis ikan yang paling banyak dikenal oleh para peternak ikan maupun konsumen ikan di Indonesia.

Kenapa begitu ?

larena para peternak ikan lele lebih dulu membudidayakan jenis ikan lele ini sebelum datang dan ditemukannya ikan lele jenis lain. Namun untuk saat ini, ikan lele lokal jarang diminati oleh para peternak karena karena dianggap kurang menguntungkan.

Salah satu hal yang dianggap merugikan ialah pertumbuhannya yang tergolong lambat sehingga dapat menimbulkan pemborosan pakan. Selain itu, ukurannya yang kecil menjadikan lele lokal ini kalah saing dengan jenis lainya.

Ada satu hal lagi, ikan lele lokal memiliki patil yang cenderung terdapat racun yangtentunya dapat membahayakan kita.

Memang jika urusan rasa, lele lokal mampu bersaing. tapi ukuran tubuhnya yang kecil tidak begitu menjual serta jika terkena patilnya akan menimbulkan pembengkakan.

Lele Masamo

Gambar lele masamo
Gambar lele masamo
Lele jenis masam ini dihasilkan dari perkawinan selektif atau kawin silang dari berbagai jenis lele. hasil dari perkawinan selektif tersebut menghasilkan ikan lele jenis masamo yang memiliki sejumlah keunggulan seperti halnya :
  1. Rakus saat makan namun tetap efisien pakan
  2. Memiliki bobot yang lebih besar.
  3. Daya tahan tubuh yang tinggi
  4. Kanibalisme yang rendah 
  5. Serta tidak mudah stres.
Ikan lele ini merupakan hasil dari pengembangan yang dilakukan oleh PT Mahari sakti Mojokerto provinsi jawa timur.

Itulah beberapa jenis ikan lele yang cocok untuk dipelihara di perairan Indonesia.

Daftar Harga Ikan Lele Terbaru

Harga ikan lele
Untuk memudahkan kalian, berikut ini kami rangkum daftar harga ikan lele terbaru yang dapat kamu jadikan sebagai patokan harga.
 Jenis ikan lele Harga/Ekor
 Harga lele Dumbo 16k - 20k
 Harga lele Sangkuriang 20k - 25k
 Harga lele Phyton 20k - 25k
 Harga lele Lokal 15k - 20k


Update
Demikianlah ulasan mengenai Ciri-ciri, jenis dan harga ikan lele, semoga artikel ini dapat membantu kamu mengenal lebih dekat dengan ikan air tawar ini.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Jangan kau seperti iblis, Hanya melihat air dan lumpur ketika memandang Adam.

0 Comments